autumn · backpacker · backpacking · budapest · europe · fall · hungary · info · travel · trip

road to budapest 2016, syarat dan proses pengajuan visa schengen dari negara hungaria

perjalanan dimulai pada saat pembelian tiket qatar airways yang kebetulan di dapat pada saat promosi. dan pencarian info untuk mendapatkan visa pun dimulai. Kebetulan pada saat itu saya memiliki teman di budapest sehingga untuk akomodasi saya tidak perlu booking hotel. pada awalnya saya pikir pembuatan visa dilakukan di mall kuningan city karena setau saya disanalah biasanya orang mengajukan visa schengen, tetapi ternyata kita hanya bisa apply disana apabila kita memasuki negara seperti norwegia,  belanda, spanyol, dll. dan untuk hungaria kita tetap harus mengajukan visa dari kedutaan hungaria. berbekal pengalaman visa yang lalu dan info dari website yang sangat minim untuk negara hungaria, akhirnya suatu pagi saya nekad langsung kesana dan membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan:

  • formulir pengajuan visa schengen yang sudah diisi sesuai dengan data aktual
  • foto terbaru dengan latar belakang putih berukuran 3.5 x 4.5 cm sebanyak 2 lembar
  • asuransi perjalanan sejumlah hari yang akan dihabiskan di negara schengen, biasanya saya beli axa karena bisa online purchase
  • invitation letter / bukti booking penginapan selama di negara schengen. apabila diundang oleh teman pastikan invitation letternya di tanda tangani oleh notaris dan dikirimkan dokumen aslinya
  • bank statement selama 3 bulan. tinggal minta ke bank bahwa statement ini dibutuhkan untuk pengajuan visa biasanya mereka sudah mengerti. 
  • surat pernyataan dari kantor yang menyatakan bahwa kita bekerja pada perusahaan tersebut dan akan kembali ke Indonesia
  • fotocopi paspor terbaru dan paspor sebelumnya (apabila ada) 
  • fotocopi kartu keluarga 
  • fotocopi ktp
  • dana sebesar 65euro dalam bentuk euro bukan rupiah seperti pada kedutaan belanda. 

setelah semuanya komplit kita tinggal mengajukan ke kedutaan hungaria yang terletak didekat kedutaan belanda erasmus huis tepat disebelah kedutaan swedia (kalau saya tidak salah). setelah itu tunggu 14 hari dan hasilnya akan diinfo melalui telfon yang ada pada formulir pengajuan visa schengen. 

ada beberapa notes pada saat saya mengajukan visa yang saya cantumkan pada tiap-tiap point diatas. dan semuanya (untuk waktu dimana saya menrequest visa sifatnya adalah mutlak). 

apabila ada yang mengalami perbedaan syarat dengan yang saya miliki diatas boleh komen pada kolom yang tersedia🙂 nanti saya akan update di blog ini. 

semoga konten blog ini membantu karena sejujurnya saya mengalami beberapa kesulitan pada saat pembuatan visa saya. mungkin saya kurang research atau bagaimana sehingga info yang saya dapatkan kurang detail. dan itu sebabnya saya membuat postingan ini. 

cheers

felzworld

Leave a Reply

